XBRL dan Kegunaannya Dalam Keuangan

XBRL dan Kegunaannya Dalam Keuangan

by K Setiawan
xbrl adalah cr google.com

Laporan keuangan perusahaan adalah sumber info khusus perusahaan. Lewat laporan keuangan, semua stakeholder (direksi, pemegang saham, regulator, dan semua penopang kebutuhan lain) bisa memperoleh gambaran singkat berkenaan keberjalanan usaha satu perusahaan. Dalam pengerjaan laporan keuangan, ada standard yang perlu disanggupi supaya laporan itu bisa dipandang pantas. Info yang ada dalam laporan keuangan bisa digunakan oleh beberapa stakeholders untuk beberapa hal, diantaranya: menghitung performa perusahaan, sebagai bahan penilaian perusahaan, dan sebagai referensi perusahaan dalam ambil keputusan. Karena itu, info yang termuat dalam laporan keuangan sebaiknya sesuai bukti yang sesungguhnya dan bisa dipertanggung jawabkan.

Menyaksikan begitu keutamaan kehadiran laporan keuangan itu, diperlukan satu mekanisme yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan pemakaian tiap info yang ada dalam laporan keuangan. Diantaranya ialah Extensible Business Reporting Language (XBRL). XBRL ialah rangka kerja kolaboratif yang ditingkatkan untuk membuat laporan keuangan, laporan pajak dan laporan usaha yang lain yang terstandarisasi dan disamakan dengan representasi digital dengan detail dan singkat. XBRL pertama kalinya dikenalkan di tahun 2003 dan sudah sering dipakai oleh bermacam instansi keuangan di penjuru dunia. Dengan memakai XBRL, pemakai bisa saja untuk mendeskripsikan info keuangan dan hasilkan laporan keuangan dalam bermacam pola. Ini mempermudah pemakai pada proses pemrosesan dan riset data dengan piranti lunak yang lain.

Baca Juga :   8 Elemen Penting Dalam Perencanaan Bisnis

Disamping itu, XBRL dapat menolong perusahaan dalam merealisaikan Good Corporate Governance (GCG). Ini karena XBRL memberikan dukungan ke-3 konsep GCG, yakni keadilan, transparan, dan responsibilitas. Lewat pemakaian XBRL, beberapa pemegang kebutuhan bisa pastikan jika data yang didapatkan ialah data yang tepat dan benar. XBRL memungkinkannya beberapa pemegang kebutuhan mempunyai data dan info yang sudah diproses dan dikaji dalam sekejap hingga ambil keputusan bisa dilaksanakan secara cepat dan tepat. Dengan begitu, kedatangan XBRL menolong tingkatkan efektivitas ongkos dan performa perusahaan. Hal yang lain dipermudahkan lewat kedatangan XBRL ialah pemakai bisa pisahkan dan memformat data, dan menyaksikan permasalahan dengan yang baru hingga pemakai mempunyai ruangan yang lebih luas dan fleksibel dalam memproses data yang ada.

Baca Juga :   Panduan Mudah Memecah Sertifikat Tanah Lengkap

Faedah yang lain didapat lewat pemakaian XBRL ialah tingkatkan keringanan akses info keuangan, khususnya untuk investor internasional. Investor luar negeri bisa saja lakukan riset mereka secara berdikari dan lakukan perbedaan dengan memakai bahasa mereka sendiri. Keringanan ini seterusnya mempunyai potensi menarik kedatangan beberapa investor asing untuk melakukan investasi di Indonesia, yang seterusnya diinginkan bisa menolong tingkatkan perkembangan perekonomian Indonesia.

Baca Juga :   Ide Jualan Makanan Online Modal Kecil

Di Indonesia sendiri, XBRL sudah dipakai pada beberapa instansi, yakni Bursa Dampak Indonesia dan instansi-instansi pemerintah yang lain, Beberapa lembaga itu mengharap, pemakaian XBRL bisa menolong dalam tingkatkan transparan dan kepatuhan penerapan keuangan atau perpajakan perpajakan oleh harus pajak hingga laporan yang dikatakan memiliki sifat akuntabel.

Related Posts

Leave a Comment