Tips Mengasuh Anak Layaknya Orang Dewasa

Tips Mengasuh Anak Layaknya Orang Dewasa

by Liana Utari

Membesarkan anak-anak Anda sebagai orang dewasa

Seperti yang akan dikatakan banyak orang tua kepada Anda, pekerjaan tidak akan berakhir saat anak Anda pindah. Membesarkan anak Anda sebagai orang dewasa juga penting, tetapi peran Anda sebagai orang tua akan berubah seiring dengan bertambahnya usia anak Anda. Jika Anda ingin menjaga hubungan yang positif dengan anak Anda yang sudah dewasa, penting bagi Anda untuk mengetahui cara membesarkan anak Anda sebagai orang dewasa.

Keluarga itu penting dan anak-anak Anda tetap menjadi keluarga Anda bahkan ketika mereka tumbuh sendiri. Bagaimana Anda bisa tetap dekat seiring bertambahnya usia dan hubungan Anda berubah? Satu langkah penting bagi Anda adalah mengingat bahwa anak-anak Anda menginginkan rasa hormat seperti orang dewasa yang mereka tumbuh bersama. Sikap Anda terhadap anak Anda perlu diubah.

Hormati tanpa ketergantungan

Saat membesarkan anak Anda sebagai orang dewasa, penting untuk memiliki hubungan yang saling menghormati tanpa ketergantungan. Anda mungkin telah menghabiskan sebagian besar pengasuhan Anda untuk mencoba mengajarkan kemandirian anak Anda. Sekarang setelah mereka dewasa, Anda ingin mereka menghormati Anda dan Anda juga perlu menunjukkan rasa hormat kepada mereka sebagai orang dewasa.

Baca Juga :   Hak dan Kewajiban Siswa Di Sekolah

Meskipun anak Anda mungkin masih datang kepada Anda dengan masalah atau meminta nasihat, dia seharusnya tidak bergantung pada Anda untuk merawat mereka lagi. Jika seorang anak dewasa memiliki terlalu banyak ketergantungan pada orang tua, dia tidak akan pernah bisa mengandalkannya sendiri sebagai orang dewasa. Merupakan bagian dari tugas Anda sebagai orang tua untuk mengajari mereka menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.

 

Pengaturan hidup

Pengaturan tempat tinggal seperti apa yang Anda miliki dengan anak dewasa Anda? Jika anak Anda yang sudah dewasa tinggal di rumahnya sendiri, stresnya akan berkurang dan akan lebih menjadi persahabatan daripada hubungan orang tua / anak selama ada komunikasi yang baik. Jika anak Anda masih tinggal di rumah Anda, aturan berbeda akan berlaku.

Anak Anda akan merasa bahwa dia sedang membuat peraturannya sendiri dan harus bebas untuk datang dan pergi sesuka dia sejak dia besar nanti, tetapi Anda mungkin memiliki peraturan rumah sendiri yang Anda ingin dia patuhi. Jika ada perbedaan aturan, konflik bisa terjadi.

Baca Juga :   Hak dan Kewajiban Siswa Di Sekolah

Meskipun penting bagi Anda untuk menghormati individualitas mereka dan fakta bahwa mereka telah dewasa sekarang, anak Anda harus tetap menghormati aturan Anda selama tinggal di rumah Anda. Misalnya, jika Anda mengatakan Anda tidak ingin tamu lawan jenis menginap, anak Anda yang sudah dewasa harus menghormatinya atau berhenti tinggal di rumah Anda.

Untuk mencegah komplikasi, pastikan untuk menetapkan aturan dasar sebelum mereka transisi (atau jika mereka tidak pergi setelah masa remaja). Duduk dan lakukan percakapan yang dewasa dengan orang dewasa tentang peraturan dan apa yang diharapkan dari mereka selama mereka tinggal di rumah Anda.

 

Teman dan hubungan lainnya

Penting untuk memiliki pemahaman bersama dengan anak Anda yang sudah dewasa untuk menghormati pilihan satu sama lain dalam teman dan hubungan. Kecuali jika mereka meminta pendapat Anda, Anda tidak boleh memberi tahu anak dewasa Anda dengan siapa dia akan berteman atau dengan siapa Anda tidak berbagi. Anda harus memercayai pendapat mereka sebagai orang dewasa untuk membuat keputusan sendiri tentang apa yang terbaik bagi mereka.

Baca Juga :   Hak dan Kewajiban Siswa Di Sekolah

Pada catatan yang sama, anak dewasa Anda tidak boleh mencoba memberi tahu Anda dengan siapa Anda dapat berteman atau dengan siapa Anda harus menjalin hubungan. Jika Anda memilih untuk mendiskusikan hubungan pribadi Anda dengan satu sama lain, harus ada tingkat saling menghormati dan harus ada aturan dasar mengenai apa yang tidak boleh dibicarakan antara anak dan orang tua.

 

Tips untuk orang tua

Berikut beberapa hal yang perlu diingat dalam hal membesarkan anak Anda sebagai orang dewasa:

• Hormati privasi anak Anda yang sudah dewasa
• Menghormati moral dan keyakinan agama mereka
Bersiaplah, tetapi jangan sombong
Jangan memberikan pendapat Anda saat tidak diminta
• Tetaplah berkomunikasi secara terbuka sehingga Anda berdua memahami perasaan pasangan
• Jangan mencoba untuk “mengasuh” atau membiarkan mereka bergantung pada Anda
• Bersikaplah suportif dalam situasi keuangan tetapi jangan membantu ketika Anda merasa tidak nyaman melakukannya – Anda tidak perlu lagi melakukannya

Kiat dan ide ini akan membantu Anda membentuk hubungan yang baik dengan anak dewasa Anda.

Related Posts

Leave a Comment