Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Karakter

Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Karakter

by K Setiawan

Apakah yang dimaksud dengan pendidikan karakter? Pemahaman pendidikan karakter ialah satu usaha manusia secara sadar dan terkonsep untuk mendidik dan mendayagunakan kekuatan peserta didik buat membuat karakter pribadinya hingga menjadi pribadi yang berguna untuk diri kita dan lingkungannya.

Pendidikan karakter ialah satu mekanisme pendidikan yang mempunyai tujuan untuk memberikan nilai-nilai karakter tertentu ke peserta didik yang ada elemen pengetahuan, kesadaran atau tekad, dan perlakuan untuk lakukan nilai-nilai itu.

Pendidikan karakter (character education) benar-benar kuat hubungan dengan pendidikan kepribadian di mana maksudnya untuk membuat dan latih kekuatan pribadi secara terus-terusan buat pembaruan diri mengarah hidup yang lebih bagus.

Pemahaman Pendidikan Karakter Menurut Beberapa Pakar

Supaya lebih pahami apakah arti character education, karena itu kita bisa mengarah pada opini beberapa pakar berikut:

T. Ramli
Menurut T. Ramli, pemahaman pendidikan karakter ialah pendidikan yang memprioritaskan akar dan arti pada kepribadian dan adab hingga hal itu akan sanggup membuat individu peserta didik yang bagus.

Baca Juga :   Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Thomas Lickona
Menurut Thomas Lickona, pemahaman pendidikan karakter ialah satu usaha yang disengaja untuk menolong seorang hingga dia bisa pahami, memerhatikan, dan lakukan nilai-nilai norma yang pokok.

John W. Santrock
Menurut John W. Santrock, character education ialah pendidikan yang dilaksanakan dengan pendekatan langsung ke peserta didik untuk memberikan nilai kepribadian dan memberikan kan pelajaran ke siswa berkenaan pengetahuan kepribadian dalam usaha menahan sikap yang yang dilarang.

Elkind
Menurut Elkind, pemahaman pendidikan karakter ialah satu sistem pendidikan yang dilaksanakan oleh tenaga pengajar untuk memengaruhi karakter siswa. Dalam masalah ini kelihatan jika guru tidak cuma mengajar materi pelajaran tapi juga sanggup jadi seorang panutan.

Peranan Pendidikan Karakter

Pada umumnya peranan pendidikan ini untuk membuat karakter seorang peserta didik hingga jadi individu yang berakhlak, bermoral mulia, bertoleran, kuat, dan berperangai baik.

Adapun fungsi-fungsi pendidikan karakter sebagai berikut;

Untuk meningkatkan kekuatan dasar pada diri manusia hingga jadi pribadi yang berpikir baik, berhati baik, dan berperangai baik.

Untuk membuat dan perkuat sikap warga yang multikultur.

Baca Juga :   Pengertian, Tujuan, Manfaat, Pedoman, Prinsip, Pengembangan Silabus dan RPP

Untuk membuat dan tingkatkan peradaban bangsa yang bersaing dalam jalinan internasional.

Character education semestinya dilaksanakan sejak awal kali, yakni semenjak periode kanak-kanak. Pendidikan ini dapat dilaksanakan di lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan, dan manfaatkan bermacam media belajar.

Arah Pendidikan Karakter

Pada intinya arah khusus pendidikan karakter untuk membuat bangsa yang kuat, di mana penduduknya bermoral mulia, berakhlak, bertoleransi, dan gotong-royong.

Untuk capai arah itu karena itu di pada diri peserta didik harus dimasukkan nilai-nilai pembentuk karakter yang mengambil sumber dari Agama, Pancasila, dan Budaya. Berikut nilai-nilai pembentuk karakter itu:

  • Kejujuran
  • Sikap toleransi
  • Disiplin
  • Usaha keras
  • Inovatif
  • Kemandirian
  • Sikap demokratis
  • Rasa ingin ketahui
  • Semangat berkebangsaan
  • Cinta tanah air
  • Menghargakan prestasi
  • Sikap berteman
  • Cinta nyaman
  • Suka membaca
  • Peduli pada lingkungan
  • Peduli sosial
  • Rasa tanggungjawab
  • Spiritual

Keutamaan Pendidikan Karakter

Seperti kita kenali jika proses globalisasi secara terus-terusan akan berpengaruh pada pengubahan karakter warga Indonesia. Minimnya pendidikan karakter akan memunculkan kritis kepribadian yang berpengaruh pada sikap negatif dalam masyarakat, misalkan pertemanan bebas, penyimpangan obat-obat terlarang, perampokan, kekerasan pada anak, dan lain-lain.

Baca Juga :   Pengertian Pendekatan, Model, Metode, Teknik & Strategi Pembelajaran

Menurut Thomas Lickona, minimal ada tujuh argumen kenapa character education harus dikasih ke masyarakat negara sejak awal kali, yaitu;

Ini sebagai langkah paling bagus untuk pastikan beberapa siswa mempunyai personalitas dan karakter yang bagus di dalam hidupnya.

Pendidikan ini bisa menolong tingkatkan prestasi akademis anak didik.

Beberapa anak tidak dapat membuat karakter yang kuat untuk dianya pada tempat lain.

Bisa membuat pribadi yang menghormati dan menghargai seseorang dan bisa hidup dalam warga yang majemuk.

Sebagai usaha menangani akar permasalahan moral-sosial, seperti ketakjujuran, ketidaksopanan, kekerasan, semangat kerja rendah, dan sebagainya.

Sebagai langkah terbaik untuk membuat sikap pribadi saat sebelum masuk di dunia kerja/ usaha.

Sebagai langkah untuk mengajar nilai-nilai budaya yang disebut sisi dari kerja satu peradaban.

Dari keterangan itu kita mengetahui jika pendidikan karakter penting untuk tiap orang. Dengan demikian, karena itu beberapa guru, dosen, dan orangtua, seharusnya selalu memberikan nilai-nilai karakter yang bagus ke anak didiknya.

Related Posts

Leave a Comment