Pendidikan

Mengenal,Tugas Dan Fungsi Adminitrator Dalam Dunia Pendidikan

Yang disebutkan seorang administrator ialah orang yang melakukan beberapa tugas administrasi. Di sekolah kepala sekolah bisa dikatakan sebagai seorang administrator karena ia melakukan beberapa tugas administrasi. Sebagai administrator, kepala sekolah harus mengordinasikan semua sumber daya secara efisien dan efektif sesuai ketentuan untuk capai arah yang sudah diputuskan.
Dalam pekerjaannya kepala sekolah ditolong oleh individual sekolah, salah satunya wakil kepala sekolah, karyawan tata usaha, guru, wali kelas, dan koordinator tuntunan dan penerangan.
Tugas setiap personil diatur berdasar pekerjaan dan posisinya. Dengan begitu setiap individual memiliki tugas yang lain. Secara garis besarnya tugas itu akan dirinci seperti berikut :

Kepala Sekolah

Posisi kepala sekolah itu dipastikan sebagai kepala atau pimpinan. Sebagai kepala sekolah dia termasuk administrator yang pekerjaannya melakukan kebijakan, ketentuan dan ketetapan yang sudah digariskan dan diputuskan oleh lembaga atau instansi yang semakin tinggi.
Dengan pemahaman kepala sekolah sebagai administrator yang mengemban tugas atasan. Di lain faksi kepala sekolah sebagai orang yang berpendidikan guru dan eksper dalam sektor keguruan, diputuskan dari kelompok guru atas dasar opsi ini, sesungguhnya kepala sekolah berkedudukan sebagai pimpinan guru.
Selain memberikan tugas dan tanggung jawab pada guru sekolah, kepala sekolah perlu memerhatikan kesejahteraan kebutuhan atau inspirasi beberapa guru.
Secara terperinci tugas kepala sekolah diantaranya sebagai pembimbing :
– Proses mengajar-belajar
– Kesiswaan
– Kepegawaian
– Peralatan
– Keuangan
– Jalinan warga
– Ketatausahaan sekolah

Baca Juga :   Pengertian, Tujuan, Manfaat, Pedoman, Prinsip, Pengembangan Silabus dan RPP

Dalam soal kepegawaian kepala sekolah memiliki tugas khusus dan bertanggungjawab dalam soal :
– Berencana keperluan, penyediaan dan pengangkatan calon karyawan atau guru.
– Perpindahan, penghentian, pensiun, cuti karyawan.
– Mengadakan ketatalaksanaan masalah karyawan.

Wakil Kepala Sekolah

Tugas wakil kepala sekolah adalah menolong kepala sekolah salurkan kerjanya. Posisinya ialah pembantu dan kerjanya salurkan beberapa aktivitas administrasi yang dilimpahkan kepadanya.

Baca Juga :   Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Karyawan Tata Usaha Sekolah

Seorang tata usaha sebagai tenaga administrasi yang diangkat dengan cara resmi. Posisinya dalam administrasi di bawah kepala sekolah, pekerjaannya kerjakan aktivitas administrasi yang sudah diputuskan yakni yang terkait dengan ketatalaksanaan kantor sekolah.

Guru (Dewan Guru)

Dilihat dari susunan organisasi sekolah, posisi guru di bawah kepala sekolah. Disaksikan dari peranan organisasi sekolah, posisi guru ialah sentra, maknanya menempati pokok dari peranan sekolah. Andaikan guru ini tidak berperan karena itu sekolah tidak berjalan seperti mestinya. Karena itu guru kerap disebutkan tenaga fungsional, sedang tenaga administratif disebutkan tenaga sistematis. Adapun tugas guru ialah mengajarkan dan mendidik. Tanggung jawab guru dalam sektor proses edukasi mencakup :
– Arah khusus mengajar-belajar
– Materi dan aktivitas mengajar-belajar
– Sistem mengajar-belajar
– Pendayagunaan media mengajar-belajar
– Menolong pelajar dalam menangani kesusahan belajar.
Di sekolah dasar, guru sebagai guru kelas, bekerja juga dalam mengadakan ketatalaksanaan kelas, seperti menulis kedatangan pelajar, mengambil bantuan pengajaran dan perawatan kelas.

Baca Juga :   Pengertian Pendekatan, Model, Metode, Teknik & Strategi Pembelajaran

Koordinator Tuntunan dan Penerangan

Tugas dari individual ini diantaranya :
– Membuat beberapa program tuntunan dan penerangan
– Memantau penerapan program tuntunan dan penerangan
– Mengkoordinasikan dan mengendalikan pembagian tugas petugas tuntunan dan penerangan.

Wali Kelas

Seorang guru yang selain melakukan aktivitas edukasi, menggenggam salah satunya kelas tertentu sebagai tanggung jawabannya.
Wali kelas itu salah satunya pekerjaannya ialah menolong memberi bermacam info yang dibutuhkan pelajar, mengenali tiap individu pelajar dengan semua personalitasnya. Selain itu wali kelas melakukan aktivitas administrasi kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button