Sports

Kasus Dewa Kipas Coreng Pecatur Indonesia, Grand Master Irene Kharisma Merasa Sedih

Polemik kemenangan Dadang Subur (Dewa Kipas) atas IM Levy Rozman (GothamChess) ramai belakangan ini. Grand Master Wanita Irene Kharisma menyebut kasus ini mencoreng catur Indonesia.
Kasus ini bermula dari kemenangan Dewa Kipas, yang bernama asli Dadang Subur, atas International Master Levy Rozman asal Amerika Serikat. Rozman yang menggunakan nama akun GothamChess menuding Dewa Kipas curang, berujung dengan pemblokiran akun pria Indonesia tersebut oleh Chess.com.Kejadian itu berujung dengan aksi geruduk dari netizen Indonesia. Netizen tanah air ramai-ramai membela dan menyerbu akun media sosial Rozman.

Baca Juga :   Evan Dimas Antusias Menyambut Andres Iniesta Gabung Persija Jakarta

Dadang membantah melakukan kecurangan, lalu mendapatkan kesempatan untuk bicara di podcast Deddy Corbuzier. Hal ini yang kemudian mengundang sorotan dari Grand Master Wanita Irene Kharisma.

Irene menilai Deddy Corbuzier memberikan panggung untuk Dadang, namun tidak memberikan gambaran yang jernih terhadap kasus tersebut. Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) dalam diskusi pada Jumat (12/3/2021) lalu mengungkap anomali pada permainan Dadang Subur alias Dewa Kipas, termasuk menjelaskan algoritma kecurangan yang dipakai di Chess.com.

Baca Juga :   Ini Dia Jadwal Kualifikasi Piala Dunia Rabu 24 Maret 2021

Baca juga: Anomali Permainan Dewa Kipas di Chess.com dan Algoritma Kecurangan
GM Irene Kharisma bertekad meluruskan situasi dalam kasus ini. Tak mau banyak komentar, pecatur 28 tahun itu cuma menyebut kasus Dewa Kipas ini mencoreng catur tanah air di kancah internasional.

“Saya tidak mau komentar lagi, karena memang sudah selesai, tidak ada apa-apa lagi. Apa yang saya lakukan sekarang hanya meluruskan berita saja [apa yang dilakukan Dewa Kipas] bukan hanya mencoreng Percasi, tapi kami sebagai atlet catur,” kata Irene Kharisma seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin (15/3).

Baca Juga :   Ini Dia Jadwal Kualifikasi Piala Dunia Rabu 24 Maret 2021

Grand Master Irene Kharisma telah menyurati Deddy Corbuzier terkait podcast-nya dengan Dewa Kipas. Ia menyebut telah diundang untuk membahas lebih lanjut isu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Matikan adblock untuk meneruskan membaca konten di Portal Satuwaktu.com