Benarkah Santet? Berikut Fakta Tentang Ibu Muda Yang Hamil Dan Melahirkan Dalam 1 Hari

Benarkah Santet? Berikut Fakta Tentang Ibu Muda Yang Hamil Dan Melahirkan Dalam 1 Hari

by Liana Utari
ibu muda (google)

Berita mengenai seorang wanita melahirkan tanpa alami kehamilan tersebar di sosial media. Berita ini ditebarkan oleh account YouTube Azzam Production pada 2 Februari 2020 dengan judul “Yang Kembali Trending || Hamil 2 Jam Langsung Melahirkan [Kuasa Allah SWT]”.

Account YouTube Azzam Production mengupload sebuah video yang mengenai narasi seorang wanita namanya Kamsiah yang tinggal di Desa I, Daerah Sripendowo, Kecamatan Bangunrejo, Lampung tengah.

Wanita ini mendadak saja melahirkan pada Sabtu 11 Januari 2020 kemarin. Walau sebenarnya, awalnya Kamsiah berasa tidak hamil. Berita ini selanjutnya mengagetkan masyarakat Daerah Sripendowo, Bangunrejo, Lampung tengah.

Account YouTube Azzam Production selanjutnya menambah sebuah cerita dalam content yang diuploadnya.

“Peristiwa yang sangat sangat jarang, ada ibu hamil dalam kurun waktu lebih kurang cuman 2 jam langsung melahirkan bayi wanita yang prima.

Ini dapat peluang dihubungkan dengan beberapa hal yang mistik, tetapi pada intinya jika peristiwa itu adalah kuasa Allah SWT.

Posisi peristiwa Sri Pendowo Kecamatan Bangun Rejo Kabupaten Lampung tengah,” catat account YouTube Azzam Production.

Video yang diupload account YouTube Azzam Production sudah 421 ribu kali dilihat dan mendapatkan 469 tanggapan netizen.

Pencarian Bukti

Sesudah dijelajahi check bukti, video sama rupanya disiarkan oleh account YouTube Agen Indosiar Lampung dengan judul “Gempar Masyarakat Lampung tengah Ada Wanita Melahirkan Tanpa Hamil ?” dan “Ponijo Terkejut Istrinya Melahirkan Tanpa Hamil”.

Video dengan durasi 3 menit 26 detik itu tampilkan narasi Kamsiah yang melahirkan seorang bayi wanita tanpa rasakan hamil.

Dalam cuplikan interviunya, Kamsiah akui, tidak hamil. Tetapi, pada Sabtu 11 Januari 2020 lalu, mendadak Kamsiah rasakan sakit pada perutnya.

Kamsiah selanjutnya minta dana untuk bibinya yang kebenaran tempat tinggalnya bersisihan. Kamsiah minta si bibi untuk mengerik sisi perutnya. Tetapi saat dikerik, perut Kamsiah semakin sakit dan mendadak langsung melahirkan seorang bayi.

Baca Juga :   Bocoran Pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Kamsiah setiap hari tinggal di tempat tinggalnya bersama dua putranya. Sedang suaminya Ponijo, mengelana sebagai pekerja kebun kopi di wilayah Lampung Barat.

Sementara, kejadian wanita melahirkan tanpa kehamilan rupanya tidak cuman menerpa Kamsiah saja. Saat dijelajahi dengan mesin perayap google.co.id dengan keyword “melahirkan tanpa hamil”, ada banyak artikel dari beberapa mass media yang menyiarkan kejadian sama.

Di dunia kedokteran, Kehamilan yang tidak dikenali oleh ibu hamil disebutkan cryptic pregnancy. Info sekitar hal cryptic pregnancy dapat disaksikan dalam situs alodokter.com dengan judul artikel “Tidak Tahu Hamil tetapi Mendadak Melahirkan, Mungkinkah?”.

Masa sich ada wanita yang tidak sadar jika kembali hamil? Walau sebenarnya kan saat hamil, haid akan stop dan perut akan jadi membesar. Tidak boleh salah, walau kedengar tidak mungkin, peristiwa itu betul-betul ada dan bukan satu yang sangat jarang, lho!

Kehamilan yang tidak dikenali oleh ibu hamil disebutkan cryptic pregnancy. Walau tidak umum, keadaan ini bukan satu hal yang sangat jarang. Diprediksi 1 dari 400 wanita tidak ketahui dianya hamil sampai umur kandungan lima bulan ataupun lebih. Tidak itu saja, 1 dari 2500 wanita bahkan juga tidak paham dia hamil bahkan sampai melahirkan.

Cryptic Pregnancy VS Denial Pregnancy

Dengar narasi di atas, kamu kemungkinan memikir jika ibu hamil itu bukan tidak paham, tetapi menyanggah atau berpura-pura tidak paham (denial pregnancy). Masalahnya dengan semua tanda-tanda kehamilan, semestinya dia sadar jika dianya sedang hamil, kan?

Tetapi, rupanya cuman seputar 10-15% kasus cryptic pregnancy yang dikuasai oleh masalah personalitas atau masalah jiwa. Beberapa wanita dengan cryptic pregnancy bahkan juga rupanya cukup berpendidikan dan dalam jalinan yang konstan. Maknanya, mereka sesungguhnya sanggup mengenal pertanda kehamilan. Lantas, apa sesungguhnya yang membuat mereka tidak mengetahui kehamilannya?

Argumen Ibu Hamil Tidak Sadar dengan Kehamilannya

Kehamilan bisa lepas diakui karena beberapa argumen berikut ini:

1. Pertanda kehamilan yang kabur

Beberapa wanita kemungkinan mempunyai masalah transisi menstruasi, hingga tidak berprasangka buruk saat dianya telat tiba bulan. Walau demikian, kehamilan biasanya diikuti dengan peningkatan berat tubuh dan morning sickness. Namun, pada beberapa wanita, tanda-tanda ini dapat demikian kabur bahkan juga tidak tampil, hingga kehamilan juga jadi tidak diakui.

Baca Juga :   Warga Ramai-ramai Borong 176 Mobil Baru, Salah Satunya Paling banyak Sekitar Rp28 Miliar Dari Ganti Rugi Gusuran

Pertanda kehamilan kabur bisa muncul karena rendahnya kandungan hormon kehamilan atau hormon hCG. Ini kemungkinan muncul karena kekhasan genetik sampai abnormalitas kromosom pada janin.

2. Berat badan yang berlebih sampai kegemukan

Peningkatan berat tubuh menjadi tanda umum kehamilan. Tetapi, wanita yang berat badan yang berlebih, menanggung derita kegemukan, atau sering alami turun-naik berat tubuh mungkin tidak mengetahui tanda kehamilan ini.

Disamping itu, wanita kemungkinan tidak sadar perutnya jadi membesar karena kehamilan. Bergantung tipe badannya, beberapa wanita dapat tidak terlihat hamil sampai umur kandungannya 30 minggu.

3. Hasil testpack tidak pas

Keadaan testpack yang jelek sampai kekeliruan proses penggunaan testpack dapat membuat hasilnya kurang tepat, seperti negatif palsu. Jika tes testpack tidak diulangi, ibu hamil dapat tidak ketahui keadaannya.

Disamping itu, hasil testpack negatif palsu bisa juga muncul karena telat lakukan tes itu. Lakukan pengecekan kehamilan dengan testpack saat umur kandungan telah capai empat bulan bisa memberi hasil yang negatif palsu, karena kandungan hormon hCG dalam urine yang terlalu tinggi sampai tidak teridentifikasi oleh alat testpack. Keadaan ini disebutkan “hook effect”.

4. Letak plasenta yang unik

Pergerakan janin terhitung salah satunya tanda kehamilan yang biasa dirasa. Pergerakan ini biasa diakui saat umur kehamilan 18-20 minggu. Tetapi jika letak plasenta ada disamping depan kandungan, ibu hamil bisa tidak bisa rasakan pergerakan janin, hingga tidak mengetahui kehamilan.

5. Rendahnya kandungan lemak badan dan sering melakukan aktivitas fisik berat

Ke-2 keadaan itu umum terjadi pada olahragawan dan bisa membuat menstruasi tidak ada sepanjang beberapa bulan. Bukan hanya itu, ke-2 keadaan ini kemungkinan mempengaruhi kandungan hormon tertentu, hingga kehamilan susah diketahui.

Kecuali lima keadaan di atas, rendahnya pengetahuan mengenai tanda kehamilan, pemakaian pil KB, jarang-jarang melakukan hubungan intim, sampai pernah disebut mandul, dapat membuat wanita tidak menduga jika dianya sedang hamil.

Baca Juga :   Viral Emak-Emak Cekcok Dengan Tetangga Karena Pasang Wifi

Peristiwa Cryptic Pregnancy sebagai Taktik Janin Bertahan Hidup

Ada sebuah teori bagus yang menjelaskan jika kehamilan bisa tidak teridentifikasi sebagai wujud pelindung diri janin, hingga produksi hormon kehamilan benar-benar rendah. Ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang alami depresi berat.

Janin seakan berasa dianya lebih bagus tidak dikenali kehadirannya, karena jika ibu hamil tahu ada janin di perutnya, tingkat depresi dapat makin bertambah dan resiko keguguran makin tinggi.

Karena itu, pada keadaan ini, cryptic pregnancy disebutkan sebagai penyesuaian janin pada kondisi genting untuk menjaga hidupnya.

Imbas Melahirkan Tanpa Perawatan Prenatal

Cryptic pregnancy membutuhkan perhatian khusus, karena biasanya wanita yang alami ini sedang tidak jalani program atau penyiapan kehamilan, hingga kemungkinan belum mendapatkan perawatan prenatal.

Ibu yang alami cryptic pregnancy bisa juga saja tidak mengganti style hidupnya jadi lebih sehat, hingga janin dapat alami bermacam masalah, seperti kekurangan konsumsi nutrisi.

Disamping itu, bermacam kompleksitas kehamilan memungkinkan terjadi pada kehamilan semacam ini, terlebih jika si ibu menanggung derita anemia, diabetes, atau preeklamsia.

Minimnya pemantauan itu bisa membuat bayi lahir dengan bermacam masalah kesehatan, seperti prematur, berat tubuh kurang, cacat lahir, bahkan juga keguguran.

Kehamilan yang tidak diakui dapat terjadi pada siapa dan bisa memunculkan resiko untuk kesehatan ibu atau janin. Karena itu, perbanyaklah pengetahuan mengenai kehamilan dan tidak boleh sangsi memeriksa diri ke dokter jika berasa ada suatu hal yang lain dengan badanmu, ya.

Ringkasan

Kejadian mengenai wanita yang melahirkan tanpa kehamilan di Lampung tengah ialah peristiwa riil. Peristiwa itu dikenali sebagai cryptic pregnancy atau kehamilan yang tidak dikenali oleh ibu hamil.

Walau tidak umum, keadaan ini bukan satu hal yang sangat jarang. Diprediksi 1 dari 400 wanita tidak ketahui dianya hamil sampai umur kandungan lima bulan ataupun lebih. Tidak itu saja, 1 dari 2500 wanita bahkan juga tidak paham dia hamil bahkan sampai melahirkan.

Related Posts

Leave a Comment