Apa Itu Dedicated Server ?

Apa Itu Dedicated Server ?

by K Setiawan
server dedicated server indonesia

Hosting situs web melibatkan evaluasi dengan cermat sejumlah besar faktor yang berbeda, seperti pengoptimalan mesin telusur (SEO) dan keamanan, ditambah jumlah pengunjung yang diharapkan per bulan, jenis konten yang dihosting di situs web, dll. Memilih paket hosting web yang tepat sangat penting dalam memastikan situs web Anda berkinerja baik, dan dapat menangani pengunjung.

Shared hosting adalah salah satu paket hosting paling populer dan populer. Dalam pengaturan seperti itu, sumber daya dari satu server dibagi menjadi beberapa pengguna. Keuntungan yang jelas dari penyiapan semacam itu adalah biayanya yang rendah, tetapi itu mengorbankan kinerja situs web Anda. Permintaan yang tinggi pada sumber daya server berarti lebih banyak waktu henti dan masalah lainnya juga.

Jika Anda menghargai stabilitas, keandalan, dan kinerja, satu-satunya jalan Anda adalah memilih server hosting khusus. Di lingkungan hosting khusus, sumber daya server digunakan sepenuhnya oleh satu penyewa, bukan tersebar di beberapa pengguna atau situs web yang dihosting. Artinya, situs web Anda dapat memanfaatkan CPU server penuh, RAM, bandwidth, dan sumber daya penyimpanan, karena tidak membaginya dengan situs lain. Manfaat penggunaan tunggal sumber daya tersebut untuk situs web yang dihosting tidak dapat dilebih-lebihkan.

Pertama, menjadi penyewa tunggal memberi Anda lebih banyak kendali atas bagaimana server dikonfigurasi. Anda juga dapat menambah dan menghapus program sesuai keinginan, melakukan pembaruan dan pemeliharaan lainnya sesuai keinginan Anda, dan bahkan mengubah pengaturan untuk mendapatkan jumlah mil maksimum dari sumber daya yang tersedia.

Tetapi fitur premium dari server hosting khusus, lebih dari hosting bersama hadir dengan sedikit kesulitan di saku.

Baca Juga :   Cara Terbaru Daftar Jadi Mitra Grab 2021

Jenis Dedicated Server

Menjaga server tetap berjalan dalam kondisi sempurna adalah tugas administrator sistem. Di server hosting bersama, penyedia hosting menangani banyak tugas administrator sistem, seperti menerapkan pembaruan ke perangkat lunak penting, membersihkan log, dll. Jika Anda menginginkan semua manfaat dari server khusus, tetapi dengan kemudahan administratif dari hosting bersama, Anda harus memilih server khusus yang dikelola. Meskipun Anda masih mempertahankan tingkat kendali, pemeliharaan server ditangani oleh penyedia hosting Anda, dan Anda juga dapat mengklik perusahaan tersebut untuk mendapatkan bantuan yang mungkin Anda butuhkan.

Ini berbeda dengan server khusus yang tidak dikelola, yang dirancang untuk pengguna yang lebih berpengalaman, yang lebih suka, dan memiliki keahlian teknis untuk mengelola dan memelihara server tanpa mengambil manual dari penyedia hosting.

Anda sebaiknya hanya memilih server khusus yang tidak dikelola jika Anda memiliki pengetahuan administrator sistem yang diperlukan, atau Anda memiliki seseorang di staf yang dapat menggunakan akses root tak terbatas secara bertanggung jawab untuk mengonfigurasi server Anda dengan benar.

Keuntungan Dedicated Server

Ada banyak keuntungan menggunakan server hosting khusus, pada paket hosting bersama.

1. Keandalan

Meskipun solusi hosting bersama juga menghargai keandalan dan waktu kerja yang baik, sumber daya yang tersedia masih digunakan bersama di sejumlah besar situs web dan pengguna. Situasinya berlawanan dengan server khusus, di mana semua sumber daya sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, jika situs web Anda mengalami peningkatan pengunjung, atau lonjakan lalu lintas, kinerja situs web Anda tidak akan terpengaruh. Dengan paket hosting khusus, Anda tidak perlu khawatir tentang lonjakan lalu lintas tiba-tiba atau volume pengunjung yang menurunkan situs Anda atau memperlambatnya hingga ke titik perayapan.

Baca Juga :   Aplikasi Edit Video Terbaik Android

2. Kinerja

Server hosting khusus biasanya dilengkapi dengan RAM dalam jumlah besar, mulai dari 8 hingga 64 GB, bersama dengan perangkat penyimpanan SSD. Solid-state drive memiliki kecepatan akses data yang hampir 100 kali lebih cepat daripada hard drive biasa. Tidak hanya itu, sebagian besar paket hosting server khusus juga menawarkan pilihan antara 4 hingga 12 inti CPU, dengan kemampuan untuk memilih lebih banyak, jika diperlukan. Dengan semua sumber daya ini yang Anda inginkan, server hosting khusus menjamin kinerja tinggi, dibandingkan dengan server hosting bersama.

3. Kontrol dan kustomisasi

Dengan hosting server khusus, Anda mendapatkan akses tidak terbatas atau root ke server. Artinya, Anda dapat menyesuaikan konfigurasi sesuai kebutuhan Anda. Bagaimanapun, platform e-niaga membutuhkan konfigurasi yang berbeda dari situs jejaring sosial. Tingkat kontrol ini tidak tersedia di server hosting bersama.

Karena sebagian besar konfigurasi dan pemeliharaan yang menyertai di situs web Anda ada di tangan Anda, Anda harus memiliki keahlian teknis yang diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari kendali yang tersedia untuk Anda.

4. Keamanan

Keamanan server adalah tugas waktu henti, dan itu termasuk menerapkan pembaruan ke semua program yang diinstal, menerapkan dan mengkonfigurasi firewall, menggunakan perangkat lunak anti-malware, dan banyak lagi. Semua tugas ini ditangani oleh penyedia hosting jika Anda memilih server hosting bersama. Namun, di server khusus, Anda diberi mandat untuk memastikan integritas dan integritas server.

Baca Juga :   Bahasa Pemrograman yang Mudah Dipelajari Untuk Pemula

Sebagian besar paket server hosting khusus menyertakan berbagai ketentuan keamanan, seperti perlindungan DDoS, dan Anda akan mendapatkan kebebasan untuk menggunakan alat tambahan untuk melindungi situs web Anda dari penyerang, pengirim spam, malware, dll.

5. Skalabilitas

Dengan server hosting khusus, Anda dapat dengan mudah merencanakan pertumbuhan bisnis dan situs web Anda. Dengan kontrol server di tangan Anda, Anda dapat dengan cepat menyesuaikan server dengan kebutuhan Anda yang berubah, baik dalam bentuk penerapan aplikasi baru atau modifikasi yang sudah ada.

Kapan Harus Memilih Dedicated Server

Memilih server hosting untuk situs web Anda merupakan keputusan penting. Paket yang benar akan memungkinkan situs web Anda bekerja dengan kecepatan dan kinerja yang optimal.

Jika Anda adalah bisnis kecil, beroperasi dengan anggaran, mengharapkan lalu lintas rendah, dan tidak memiliki keahlian administrator sistem teknis, server hosting bersama akan masuk akal.

Dengan hosting khusus, Anda memiliki banyak kekuatan dan fleksibilitas untuk menyesuaikan server dengan kebutuhan Anda. Tetapi ini harus dilakukan secara bertanggung jawab, untuk memastikan keamanan yang optimal. Server khusus ditujukan untuk pengguna yang ingin menggunakan kontrol atas penerapan server mereka, dan tidak ingin berbagi sumber daya dengan kemungkinan ratusan pengguna lain.

 

Related Posts

Leave a Comment