Indonesia

Anak-anak Juga Bisa Dapat Bansos Rp 3 Juta Lho, Ini Kriterianya

Program keluarga keinginan (PKH) dari pemerintahan memberi bantuan ke beberapa barisan warga. Diantaranya beberapa anak umur dini memperoleh bansos (bantuan sosial) itu.
Kontribusi ini adalah serangkaian tunjangan pemerintah untuk mendesak imbas wabah COVID-19. Berapakah ya besaran kontribusi dan kapan pun pendistribusiannya? Berikut informasi secara lengkap:

Dari info Kementerian Sosial di Instagram disebut anak umur dini dari umur 0-6 tahun optimal 2 anak akan memperoleh kontribusi sejumlah Rp 3 juta. Nanti kontribusi ini akan diteruskan sepanjang 4 step.

Diantaranya Januari, April, Juli dan Oktober. Bank yang salurkan ialah bank BUMN seperti PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Berdikari dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).

Kecuali beberapa anak dalam PKH ini untuk ibu hamil akan memperoleh bantuan sosial Rp 3 juta, penyandang disabilitas berat Rp 2,4 juta, lansia 70 tahun ke atas Rp 2,4 juta.

Baca Juga :   Bansos Sampai 5.4 Juta, Begini Cara Mendaftarkan Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) 2021

Seterusnya untuk anak sekolah SD/MI/sederajat akan mendapatkan bantuan Rp 900 ribu. Lantas SMP/MTs/sederajat Rp 1,5 juta. Sedang untuk SMA/MA/Sederajat Rp 2 juta.

Awalnya Kemensos mengatakan keseluruhan BLT PKH 2021 yang bisa diterima pada sebuah keluarga capai Rp 10,8 juta /tahun.

Ketentuannya dalam 1 keluarga, bantuan sosial atau BLT PKH 2021 diberi untuk ibu hamil optimal untuk 2x kehamilan, anak umur dini 0-6 tahun optimal 2 anak, anak umur 6-21 tahun yang masih belum menuntaskan harus belajar 12 tahun, lanjut usia di atas 70 tahun optimal satu orang, dan penyandang disabilitas berat optimal satu orang.
Pemerintahan lewat Direktorat Agunan Sosial Keluarga Kementerian Sosial (Kemensos) kembali mempersiapkan bujet untuk bansos (bantuan sosial) langsung tunai lewat Program Keluarga Keinginan (PKH) pada 2021. Kontribusi ini bisa juga didapat oleh ibu hamil dan anak sekolah yang penuhi syarat.

Baca Juga :   Begini Cara Cek Daftar Penerima Bansos Tunai Rp 300.000 dan Pencairannya

Merilis portal info Indonesia.go.id, besaran kontribusi yang diterima keluarga tercatat banyaknya berbeda. Besaran bantuan sosial tunai bergantung anggota dalam keluarga itu yang berdasar Kartu Keluarga (KK) ada kelompok apa.

Target bantuan sosial PKH adalah keluarga miskin dan rawan yang tercatat dalam Data Terintegrasi Program Pengatasan Fakir Miskin yang mempunyai elemen kesehatan dengan persyaratan ibu hamil/menyusui, anak berumur 0 samapai dengan 6 tahun. Elemen pengajaran dengan persyaratan anak SD/MI atau sederajat, anak SMA/MTs atau sederjat, anak SMA/MA atau sederajat, dan anak umur enam sampai 21 tahun yang masih belum menuntaskan harus belajar 12 tahun.

Baca Juga :   Viral, Bukti Cinta Sejati Perjuangan Cowok Indonesia Lamar Cewek Sampai ke Turki

Pendistribusian bantuan sosial PKH terdiri dari 4x pendistribusian dalam satu tahun, yaitu pada Januari, April, Juli, dan Oktober. Kontribusi itu nanti akan diteruskan langsung ke penerma lewat beberapa bank yang terkumpul dalam Himpunan Bank Punya Negara (Himbara).

Berikut rinciannya:

  • Ibu hamil dan anak umur dini: Rp 3 juta per satu tahun
  • Penyandang disabilitas dan lanjut usia (>70 tahun): Rp 2,4 juta per satu tahun
  • Pelajar SD/sederajat: Rp 900 ribu per satu tahun
  • Pelajar SMP/sederajat: Rp 1,5 juta per satu tahun
  • Pelajar SMA/sederajat: Rp 2 juta per satu tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Matikan adblock untuk meneruskan membaca konten di Portal Satuwaktu.com