Smartphone

5 Kebiasaan Pengguna Smartphone Indonesia Yang Bikin Kaget Orang Luar Negeri

Sebagai negara yang dikenali dengan tehnologinya, pasti pemakai handphone di Jepang banyak. Nah, walau pemakai handphone di Jepang tidak kalah banyak dengan pemakai handphone di negara lain, Jepang mempunyai beberapa rutinitas khusus lho. Apa sajakah? Silahkan kita saksikan 5 rutinitas pemakai handphone di Jepang di bawah ini!

1. Tidak Ada Telephone di Transportasi Publik

Bila kamu pertama kalinya memijakkan kaki di Jepang atau mungkin tidak akrab dengan mekanisme transportasi khalayak Jepang, kemungkinan kamu akan terkejut saat ketahui jika orang Jepang menghindar mengusung telephone di kereta, bis, atau angkutan umum yang lain.

Orang Jepang benar-benar sangat memerhatikan sekitar mereka dan selalu waspada supaya tidak mengusik kenyamanan seseorang. Ini adalah salah satunya rumor yang sering diulas orang bila mengulas mengenai kesopanan dan norma dan privacy orang Jepang dari muka khalayak.

Baca Juga :   Rekomendasi HP Dibawah 4 Jutaan Di Tahun 2021

Walau demikian, tetap ada yang bandel. Maka mungkin satu saat kamu akan mendapati orang tidak tahu santun sopan yang bicara dengan suara keras di kereta. Menjengkelkan ya?

2. Ucapkan Tidak Pada Hands-Free

Bila kamu ke negara lain di Asia atau Amerika, kamu akan menyaksikan beberapa orang mengobrol dengan diri sendiri memakai tehnologi hands-free yang sekarang sedang in. Tetapi, panorama itu tidak akan nampak di Jepang.
Di negara yang populer dengan tehnologinya ini, kemungkinan hal tersebut akan berasa mengagetkan. Tetapi itu yang terjadi, banyak masyarakat Jepang yang menghindar mengusung telephone dengan headset atau earphone.

3. ‘Aruki-sumaho’ dan Langkah Mengatasinya

Berjalan sekalian menyaksikan smartphone untuk texting dan melihat video adalah permasalahan besar yang menulari beberapa orang di bumi ini, khususnya di kelompok anak muda. Nah, ini ada istilahnya lho di Jepang, yakni yaitu ‘aruki-sumaho’, alias “handphone berjalan.”

Nah, Jepang punyai langkah unik mengatasinya. Yakin atau mungkin tidak, Jepang punyai program khusus yang bisa menghentikanmu untuk sakiti diri kita dan seseorang saat bergerak pada tempat umum. Bahkan juga, perusahaan seperti Docomo membuat smartphone dengan feature keamanan yang akan kirim pesan pada si pemilik untuk stop saat mereka mulai lakukan ‘aruki sumaho’.

Baca Juga :   Daftar 3 Handphone Samsung RAM 8GB Turun Harga Januari 2021

Pemrintah Jepang mengeluarkan campaign dan melaunching iklan dan video untuk tingkatkan kesadaran warga. Ini kelihatannya mujarab, sebab sekarang semakin beberapa orang yang cuman memakai handphone mereka saat mereka duduk atau berdiri dibanding berjalan.

4. Tidak Melihat Video dan Dengarkan Musik Tanpa Headset

Belakangan ini, ada trend di mana beberapa orang dengarkan musik atau melihat video pada tempat umum tanpa memakai headset.

Memang, ada akses untuk streaming video, pilihan untuk mengambil bermacam adegan favorite kita, dan bertambahnya kualitas handphone membuat handphone telah sanggup gantikan peranan computer dan tv saat beberapa orang ingin konsumsi content seperti film, TV show, dan musik. Sayang, di sejumlah negara, beberapa orang justru manfaatkan kenyamanan ini dengan membuat seseorang tidak nyaman, melihat atau dengarkan suatu hal tanpa memakai headset. Ini bisa mengusik kenyamanan beberapa orang.

Baca Juga :   Aplikasi Edit Video Terbaik Android

Di Jepang, dengarkan suatu hal di muka khalayak tanpa headset itu dipandang tidak bagus. Untungnya, nyaris tidak ada yang melakukan selain tidak menyengaja, seperti tidak menyambungkan headset secara benar atau lupa menghidupkan wireless headset mereka. Saat mereka mengetahuinya, mereka langsung akan mohon maaf ke orang disekelilingnya.

5. Teratur di Tempat Kerja Tanpa Handphone

Sama seperti yang telah kita kenali, perusahaan Jepang benar-benar sangat teratur. Kamu tidak dibolehkan buang-buang waktumu dan cuman kerjakan apa yang diperintah. Walau cuman kadang-kadang melihat monitor handphone saat rapat atau saat kamu capek, bisa membuat kecewa seseorang di kantormu.

Tetapi, bila kamu ingin memakai handphone-mu, kamu dapat kok minta ijin untuk memakainya sesaat. Walau demikian, tidak seluruhnya perusahaan Jepang demikian kok, sebab sekarang, telah lumayan banyak perusahaan yang mempunyai lingkungan kerja fleksibel. Misalkan, beberapa perusahaan gaming yang membolehkan pegawainya menggunakan perlengkapan elektronik mereka.

Nah, 5 kebiaasan itu yang selalu dilaksanakan pemakai handphone Jepang. Maka saat bertandang ke Jepang, ingat ya 5 rutinitas di atas agar tidak mengusik kenyamanan seseorang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Matikan adblock untuk meneruskan membaca konten di Portal Satuwaktu.com