Plus Minus Serta Penjelasan Pinjaman Online

Akhir-akhir ini santer terdengar mengenai istilah pinjol atau Pinjaman Online. Mungkin banyak dari kalian sudah pernah melihat berbagai macam iklan pinjaman online yang tiba-tiba muncul di layar hp kalian. Ternyata istilah Pinjaman online tumbuh begitu pesat di Indonesia dalam dua tahun terakhir ini. Penawaran ini sangat diterima oleh masyarakat. Tapi tidak sedikit pula yang memberikan komplain.

Sudah kita ketahui bahwa cara yang kita tempuh untuk meminjam uang selama ini ialah dengan pengajuan di bank. Namun sangat banyak yang menerima pengalaman yang tidak menyenangkan selama prosesnya. Selain lamanya proses peminjaman, banyaknya syaratpun menjadi pertimbangan orang untuk melakukan pinjaman di bank. Sementara itu kebutuhan akan pinjaman sangat tinggi di masyarakat. Sehingga munculnya istilah Pinjaman Online dirasa memberikan angin segar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Lalu apasih Pinjaman Online itu? Apakah efektif dan aman? Atau malah membuat rugi peminjamnya? Yuk simak penjelasan berikut.

APA ITU PINJAMAN ONLINE?

Pinjaman Online secara mudah dapat diartikan dengan layanan peminjaman uang yang dapat dilakukan secara online tanpa adanya tatap muka. Proses pinjaman online pun terbilang sangat singkat dan tidak ribet. Hanya bermodalkan Ponsel pintar dan internet anda sudah dapat mengakses pinjmaan online ini.

Langkah apa saja yang diperlukan? Hal pertama yang diperlukan ialan mendownload atau mengunggah aplikasi pinjaman online yang sudah banyak tersedia di Appstore untuk pengguna iOs atau Playstore untuk pengguna Android. Namun sebelum kalian mendowload aplikasinya, ada baiknya kalian mencari tahu terlebih dahulu dari berbagai referensi mengenai aplikasi mana yang sudah terbukti baik dan amanah dari banyaknya aplikasi pinjaman online yang beredar. Tentunya hal ini sangat penting untuk menghindarkan kalian dari kerugian yang disebabkan salah pilihnya aplikasi Pinjaman Online itu sendiri. Langkah kedua, jika anda sudah mendowload aplikasi pinjaman online, kalian akan diminta untuk melengkapi beberapa syarat yaitu beberapa dokumen penting, seperti KTP/Kartu Tanda Penduduk, NPWP, Slip Gaji, dan dokumen pribadi lainnya. Jika semua dokumen yang diminta sudah diberikan, maka aplikasi pinjaman online akan memberi konfirmasi dan anda pun dapat segera mengajukan jumlah pinjaman yang akan dilakukan. Jika sudah disetuji maka dana pun akan segera meluncur ke rekening anda dan dapat segera dicairkan.

Lalu apa saja ya kelebihan Pinjaman Online jika dibandingkan dengan pinjaman konvensional? Berikut adalah beberapa Kelebihan Pinjaman Online:

1. Proses Pengajuan Pinjaman Mudah dan Praktis (Online)

Anti ribet, mungkin inilah alasan terbesar mengapa Pinjaman Online ini begitu menarik perhatian banyak masyarakat. Ya memang benar, jika anda bandingkan dengan proses pinjaman dana melalui bank yang terlalu lama dan membutuhkan banyak persyaratan, proses wawancara dengan pihak bank, bahkan pross survei yang mungkin melelahkan, berbeda dengan pinjol ini. Dengan memanfaatkan smartphone dan koneksi internet saja kalian dapat mengajukan peminjaman dana dan segera bisa langsung ditransfer ke nomor rekening yang anda berikan.

2. Dana Pinjaman Dapat Dicairkan Dengan Cepat

Alasan kedua yang membuat banyak orang mengajukan pinjaman online adalah dana pinjaman yang dapat dicairkan secara instan dan cepat, bahkan beberapa jam setelah syarat anda sudah lengkap dan disetujui oleh aplikasi pinjol. Hal ini dianggap sangat tepat bagi kalian yang sering terjerat atau sering membutuhkan dana mendadak dan mendesak namun kesulitan meminjam dana di bank atau kerabat kalian. Beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar proses pengajuan pinjaman dapat berjalan lancar dan mempercepat proses pencairan dana pinjaman adalah memastikan bahwa semua dokumen dan ketentuan yang menjadi persyaratan pada aplikasi pinjol sudah terpenuhi seluruhnya.

3. Persyaratan Simpel dan Mudah

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan betapa sulitnya memenuhi syarat pengajuan pinjaman konvensional atau bank, terutama pesyaratan untuk memberikan aset sebagai jaminan atau agunan, seperti surat tanah, rumah, atau SK Kerja. Beda halnya pada pinjol, pengajuan pinjaman online dapat Anda lakukan hanya dengan bermodalkan beberapa berkas pribadi anda saja, seperti, KTP, NPWP, dan slip gaji.

Mungkin beberapa pinjol juga akan meminta beberapa persyaratan lainnya, namun hal ini digunakan untuk memuluskan proses pencairan dana saja, dokumen utama nya ialah yang sudah dsebutkan di atas. Namun, jika sudah memenuhi syarat dasarnya saja, pengajuan Anda biasanya akan disetujui oleh pihak fintech.

Hmmm.. Menarik bukan?

Jika kalian berminat untuk melakukan pinjaman online, sebaiknya cari tahu juga kekurangan atau resiko yang mungkin muncul dari berbagai referensi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *