CRYPTOCURRENCY, BISNIS MENGGIURKAN BAGI KAUM MILENIAL?

Mendengar kata cryptocurrency mungkin sudah tidak asing untuk beberapa kalangan, terutama bagi pecinta investasi berbasis digital.

Memang perkembangan ilmu dan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang ini memberikan efek yang besar pula dalam kehidupan masyarakat dunia. Cepatnya informasi yang diterima dari belahan dunia satu ke belahan dunia lainnya membuat seperti tidak adanya batas bagi kita untuk melakukan inovasi, tidak ketinggalan pula dengan dunia ekonomi.

Salah satu inovasi atau penemuan terkini pada bidang ekonomi ialah merebaknya mata uang kripto atau yang sering disebut cryptocurrency. Mata uang digital yang diakui oleh beberapa negara di belahan dunia. Lantas apa itu cryptocurrency? Bagaimana cara memilikinya? Yuk kita simak pembahasan di bawah ini!!

PENGERTIAN CRYPTOCURRENCY

Secara umum, cryptocurrency dapat diartikan sebagai uang digital atau aset virtual yang dapat disimpan untuk melakukan proses jual beli dengan adanya jaminan dari crypthography. Jaminan ini membuat mata uang digital ini hapir tidak mungkin untuk dipalsukan.

Baca Juga :   Plus Minus Serta Penjelasan Pinjaman Online

Lalu bagaimanakah manfaat bagi pemilik crypthocurrency ini? Apakah memilikinya bisa mendatangkan keuntungan?

MANFAAT CRYPTOCURRENCY

  1. Digunakan untuk Proses Jual Beli

Sesuai dengan pengertian cryptocurrency di atas, mata uang digital ini sudah bisa digunakan untuk pembayaran di berbagai tempat. Sudah ada beberapa restoran yang menerima pembayaran menggunakan cryptocurrency. Selain itu berbagai produk ataupun jasa pun sudah bisa dibelil menggunakan mata uang ini seperti tiket pesawat, hotel, dan lainnya. Bahkan dikabarkan bahwa akan dibuat ATM Bitcoin pertama di Indonesia dalam waktu kedepan. Hal ini digunakan salah satunya untuk menarik minat wisatawan asing yang datang ke Indonesia.

  1. Investasi

Alasan yang juga banyak digunakan bagi kaum milenial yang bergelut di bidang trading ialah investasi. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa dengan masuk ke dunia trading dan cryptocurrency ini merupakan cara mereka untuk “menabung” kekayaan dalam jangka panjang dan berharap dapat meraup keuntungan sebesar-besarnya. Hal ini tidak lain dikarenakan naik turunnya nilai mata uang digital ini, sehingga jika pemiliknya cermat dan cerdik, maka akan menjadi pemasukan yang menggiurkan. Bahkan baru-baru ini terdengar kabar pasangan muda yang menjadikan Bitcoin sebagai mahar pernikahan mereka loh. WOW bisa jadi opsi ya bagi kalian yang ingin menikah 🙂

Baca Juga :   Mengenal Mata Uang Trading Digital Bitcoin

Namun, jangan tergiur keuntungannya jika kalian merasa tidak cukup berbakat bermain di dunia crypto ini, karena ini juga memiliki risiko yang cukup tinggi loh, bisa jadi bukan keuntungan, malah kerugian yang di dapat.

  1. Mining

Mining atau yang sering disebut “menambang” merupakan hal penting di dunia cryptocurrency. Kegiatan menambang ini merupakan langkah untuk mendapatkan uang digital dengan cuma cuma.

Namun kalian diharuskan memecahkan teka teki cryptography yang telah dibuat sedemikian rumit  untuk  mengonfirmasi transaksi lalu mencatatnya di blockchain atau alat penyimpanan data digital.

Hal ini juga dipengaruhi oleh seberapa besar daya komputasi penggunanya. Semakin besar dayanya maka akan semaki besar pula peluang mendapatkan mata uang digital tersebut. Hmm.. Menarik bukan? Silahkan dicoba bagi yang berminat yaa…

JENIS JENIS CRYPTOCURRENCY

Berbeda dengan mata uang tunai yang dapat dipegang dan disimpan pada dompet anda, cryptocurrency ini tidak memiliki bentuk fisik ya. Jadi nilainya bisa kita lihat pada ponsel pintar ataupun PC kalian saja. Mata uang ini disimpan di blockchain dengan tidak adanya pengatur seperti pegawai bank ya, jadi semuanya diatur oleh pemilik mata uangnya. Jadi dalam kata lain, segala resiko ditanggung oleh pemiliknya ya.

Baca Juga :   BISNIS TRADING BAGI MILENIAL, BISA JADI MILIARDER?

Sudah banyak jenis mata uang digital yang beredar pada saat ini. Diantaranya ialah Bitcoin, Dogecoin, EOS, Ethereum, Litecoin, Ripple, Stellar, Cardano. Proses penggunaan dan cara mainnya hampir sama tiap mata uang digital, namun beberapa aturan juga diberlakukan dalam penggunaannya sesuai aplikasi yang dipakai. Jadi bagi kalian para pendatang baru, sangat disarankan untuk memahami secara mendalam tiap jenis cryptocurrency tersebut agar tidak salah langkah dan mampu mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan.

Menarik ya kalau membicarakan mengenai kemungkinan keuntungan yang akan didapat. Jika tertarik silahkan baca artikel lain dari kami mengenai langkah-langkah menjadi bagian dari pengguna cryptocurrency ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *