Hari Kebangkitan Nasional 2021

Hari Kebangkitan Nasional (Harkinas) yang diperingati tiap tahunnya pada 20 Mei bermakna penting untuk bangsa Indonesia. 1928. Hari Kebangkitan Nasional ialah periode di mana bangunnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme dan kesadaran untuk perjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kebangkitan Nasional Indonesia ialah masa pada paruh pertama era ke-20 di Nusantara (sekarang Indonesia), saat rakyat Indonesia mulai tumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai “orang Indonesia”Periode ini diikuti dengan 2 kejadian penting yakni berdirinya Budi Utomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928).

Untuk memburu keuntungan ekonomi dan kuasai administrasi daerah, Belanda mengaplikasikan mekanisme pemerintah penjajahan pada beberapa orang yang awalnya tidak mempunyai kecocokan identitas politik. Di awal era ke-20, Belanda memutuskan batasan-batas teritorial di Hindia Belanda, sebagai cikal akan Indonesia kekinian. Pada paruh pertama era ke-20, ada beberapa organisasi kepimpinan yang baru. Lewat peraturan Politik Benar, Belanda menolong membuat satu kelompok orang Indonesia yang berpendidikan. Pengubahan yang dalam pada beberapa orang Indonesia ini kerap dikatakan sebagai “Kebangkitan Nasional Indonesia”. Kejadian ini diimbangi dengan kenaikan rutinitas politik sampai capai pucuknya pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Hari Kebangkitan Nasional Diperingati Tiap Tanggal

Hari Kebangkitan Nasional diperingati tiap tanggal 20 Mei oleh bangsa Indonesia. Tanggal itu sebagai hari berdirinya Boedi Oetomo (B0) pada 20 Mei 1908. BO adalah organisasi awalnya di Hindia Belanda (Indonesia) yang mengumandangkan nasionalisme. Menurut B.J.O. Schrieke seperti diambil Akira Nagazumi dalam Bangunnya Nasionalisme Indonesia, Budi Utomo 1908-1918 (1989), BO sesungguhnya sebagai perkumpulan intelektual Jawa dan mempunyai ikatan kuat dengan kebudayaan Jawa (hlm. 230-231).

Berdasar catatan yang dihimpun Nagazumi, BO pada intinya dibangun di bawah filosofi dan kebudayaan Jawa dengan mengikut garis-garis kekinian dari Barat atau Eropa. Masih di buku yang serupa, dia menjelaskan supremasi orang Jawa dalam perincian pelajar STOVIA (sekolah dokter Jawa yang dibangun pemerintahan penjajahan) yang berperan serta dalam aktivitas pembangunan organisasi ini. Boedi Oetomo sebagai nama yang diusulkan Soeradji, teman sekelas Soetomo yang mendatangi tatap muka dengan Wahidin.

Imam Supardi dalam Dr. Soetomo: Kisah Hidup dan Perjuangannya (1951: 28) menjelaskan, nama itu tebersit di pikiran Soeradji saat melihat Wahidin berpamitan untuk melanjutkan perjalanannya ke Banten. Dalam situasi itu, Soetomo dengan mata berbinar beri pujian kemauan seniornya itu sebagai sebuah “budi utomo”. BO selanjutnya dilihat sebagai salah satunya imbas kesuksesan politik benar di tanah Jawa. Tidak seperti organisasi pribumi yang lain yang pilih lajur radikal, BO yang moderat-progresif tidak mendapatkan satu kesusahan apa saja semenjak dibangun.

Baca Juga :   Puisi Dan Makna Hari Kebangkitan Nasional 2021

Belum genap setahun berdiri, perkumpulan ini telah mendapatkan pernyataan dari Gubernur Jenderal Joannes Benedictus van Heutsz dan memiliki hak berdiri di depan pengadilan Hindia Belanda dalam posisi yang serupa dengan seorang sipil Eropa. BO yang lahir dari gedung asrama mahasiswa STOVIA semakin banyak membahas masalah nasionalisme priayi Jawa dan masalah tradisi kolot mereka. Seperti diuraikan Robert van Niel dalam Timbulnya Elit Kekinian Indonesia (1984: 81), STOVIA memang dibangun pemerintahan penjajahan untuk memberi pengajaran kelanjutan langkah Barat ke beberapa anak priayi rendah.

Priayi rendah, menurut van Niel, ialah barisan yang tersering tersingkir dalam susunan pemerintah tradisionil Jawa. Walau status mereka makin tinggi diperbandingkan saat sebelum era ke-20, ada saatnya beberapa anak dari keluarga ini tidak sanggup berkompetisi dengan hak-hak spesial yang dipunyai priayi tinggi seperti keluarga bupati.

Hari Kebangkitan Nasional Diputuskan Pada Tanggal

Hari Kebangkitan Nasional atau dikenali dengan Harkitnas diperingati tiap tanggal 20 Mei. Tanggal itu bersamaan dengan lahirnya Organisasi Boedi Oetomo yang berdiri di tahun 1908. Tetapi, harkitnas tidak lalu diputuskan di tahun itu, tetapi diputuskan di tahun 1948 atau dua puluh tahun sesudahnya oleh Soekarno.

Background penentuan Hari Kebangkitan Nasional ialah bangsa Indonesia perlu penyatu pada periode awalnya kemerdekaan. Bung Karno memandang berdirinya organisasi Boedi Oetomo sebagai awalnya dari kebangkitan bangsa Indonesia menantang beberapa penjajah. Meskipun organisasi ini masih memiliki sifat kedaerahan awalannya, tapi proses dalam penyeleksian ketua di dalam organisasi ini cukup berlainan.

Di awal berdirinya, organisasi Boedi Oetomo yang digagas oleh Wahidin Soedirohoesodo ini cuman beroperasi pada sektor sosial dan budaya. Beberapa sekolah namanya Boedi Oetomo dibangun untuk lebih memajukan kebudayaan Jawa. Anggota Boedi Oetomo juga terdiri dari kelompok yang dari suku Jawa dan Madura. Organisasi ini mulai beroperasi di sektor politik di tahun 1915. Ini dipacu oleh Perang Dunia I.

Di tahun 1920, organisasi Boedi Oetomo mulai terima anggota dari kelompok warga biasa. Ini mengisyaratkan organisasi Boedi Oetomo sudah jadi organisasi gerakan rakyat. Organisasi Boedi Oetomo mulai buka keanggotaannya untuk semua rakyat Indonesia di tahun 1930. Dalam perjalanannya, organisasi Boedi Oetomo mempunyai arah nasionalisme yakni menggerakkan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga :   Hp Terbaru Resmi Rilis Di Indonesia Bulan Februari 2021

Puisi Tema Hari Kebangkitan Nasional 2021

Hari Kebangkitan Nasional

Di bawah teriknya sinar matahari
Yang membakar jiwa dan raga ini
Mendaki bukit yang terjal
Dengan tepian yang bergerigi
Melangkah di bebatuan
Tergores kerikil tajam tak bertuan
Membekas luka di kaki tak terobati

Bangkitlah …
Saatnya kita bergerak
Mari perdayakan potensi bangsa
Untuk INDONESIA hebat
INDONESIA adalah kita

Meskipun berbeda agama dan bahasa
Walaupun berbeda warna kulit
Tetapi tetap satu dalam jiwa INDONESIA
Dan semangat Pancasila

Bangkit dengan rasa semangat
Semangat Persatuan, Kesatuan dan Nasionalisme
Untuk mewujudkan cita-cita bangsa
Demi masa depan yang cerah
Maju terus INDONESIA nan jaya
Selamat Hari Kebangkitan Nasional

hari kebangkitan nasional diperingati setiap tanggal
hari kebangkitan nasional diperingati setiap tanggal

Puisi Kebangkitan Nasional Bangsa Indonesia

INDONESIAKU KINI

Karya: Awaliya Nur Ramadhana

Negaraku cinta
Indonesia
Nasibmu kini menderita
Rakyatmu kini sengsara
Pemimpin yang tidak bijaksana
Apakah pantas memimpin negara yang aman sentosa
Oh
Indonesia tumpah darahku
Apakah belum terbit,
Seorang pemimpin yang kita cari
Apakah rasa kepemimpinan itu masih disimpan di nurani
Tertinggal di lubuk hati
Tak dibawa sekarang ini
Rakyat membutuhkanmu
Seorang Khalifatur Rasyidin
Yang setia dalam memimpin Menyantuni fakir miskin
Mengasihani anak yatim
Kami mengharapkan pemimpin yang soleh dan solehah
Pengganti tugas
Rasulullah
Sebagai seorang pemimpin ummah
Yang bersifat Siddiq dan Fatanah
Andaikan kutemukan
Seorang pemimpin dunia
Seorang pemimpin agama
Seorang pemimpin
Indonesia
Hanya Allah Yang Mengetahuinya

Bagaimana Cara Memaknai hari Kebangkitan Nasional

Makna Hari Kebangkitan Nasional adalah bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan yang menjadi landasan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Berikut ini penjelasan makna Hari Kebangkitan Nasional:

Makna Hari Kebangkitan Nasional

Makna Kebangkitan Nasional adalah bagaimana menerapkan semangat nasionalisme dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang. Peringatan Kebangkitan Nasional adalah untuk mengenang kembali bagaimana semangat perjuangan bangsa Indonesia tempo dulu untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai pembangunan.

Mengutip Guru Figur Sentral dalam Pendidikan (2018) karya Agus Nurjaman, kebangkitan nasional memiliki makna atau arti penting yang sangat dalam bagi bangsa Indonesia.
Kebangkitan Nasional merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk menggabungkan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.
Sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial yang menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Makna kebangkitan adalah meningkatnya rasa persatuan menjadi lebih baik di wilayah NKRI ini.

Baca Juga :   Rekomendasi Harga Handphone Dibawah 2 Juta 2021

Kebangkitan Nasional merupakan cikal bakal persatuan seluruh pemuda di bumi nusantara yang bersumpah atas nama Indonesia. Mereka mengaku bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu yaitu Indonesia, dengan tidak membeda-bedakan suku, agama, ras dan budaya. Kebangkitan nasional menunjukkan bahwa para pendiri bangsa Indonesia menjadikan keberagaman seabgai salah satu kekuatan negara kesatuan Indonesia.

Sehingga berbekal kesadaran persatuan dan kesatuan, mereka mampu mengusir penjajah dan mengantarkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Baca juga: Hari Kebangkitan Nasional, Bangkitnya Nasionalisme Makna Hari Kebangkitan Nasional sebaiknya tidak dilihat sebagai ritual melakukan upacara rutin setiap tahun saja.

Melainkan setiap warga negara mampu membuktikan melalui karya yang bisa mengbangkitkan bangsa dari keterpurukan keadaan. Seluruh elemen bangsa hendaknya mengisi kemerdekaan dengan mempererat persatuan dan kesatuan yang menjadi landasan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui makna tentang Hari Kebangkitan Nasional, generasi penerus bangsa diharapkan dapat menangkap makna dan semangat kebangsaan yang telah dinyalakan oleh para pendahulu bangsa. Sehingga generasi penerus bangsa dapat mengembangkan berbagai upaya untuk mengatasi tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa kini dan masa depan.

 

Contoh Lain Puisi Harkitnas 2021

SEMANGAT PEMUDA UNTUK KEBANGKITAN INDONESIAKU
Karya: Nasywa Syifa

Kita adalah adalah pemuda terbaik bangsa
Dengan semangat bersumpah menjaga persatuan
Hari ini tak ada kata
Merdeka, merdeka, dan merdeka
Karena pemuda terbaik
Indonesia kini lebih mencontoh dengan gerakan bukan ucapan
Tak peduli siapa engkau dan siapa mereka
Jika kau adalah aku Maka jaga sumpah pemuda yang dulu pemuda
Indonesia
Ikrarkan
Berjanjilah dengan sumpah setia pada
Negara
Karena kau dan aku adalah
Indonesia
Gelorakan semangat pemuda dalam diri kita
Kita adalah Indonesia
Inilah kebangkitan Indonesiaku
Inilah Semangat Sumpah Pemuda diriku untuk negeri bernama
INDONESIA

Hari Kebangkitan Ini

Prito Windiarto

 

Hari kebangkitan ini

Bukan sekadar untuk seremoni

Diperingati tapi tak lagi beri arti

Dimeriahkan tapi tak ada makna tergapaikan

 

Hari Kebangkitan ini

Tak lain adalah pengingat

Apa yang telah dipersembahkan untuk bangsa ini

Kebangkitan apa yang kita gaungkan

 

Ini adalah soal

Kebangkitan sejati

Bukan hanya tradisi

 

Persembahan terbesar untuk hari ini

Bukan seremoni, puisi,

Tapi aksi nyata bagi negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *