Tutorial Membuat Twibbon di Picsart

 

Apakah itu Twibbon?

Twibbon ialah frame photo yang dibuat secara menarik, dipakai untuk promo atau kampanye sebuah acara. Biasanya twibbon digunakan oleh peserta atau pemakai yang turut menyemarakkan acara itu dan diunggah sebagai profil picture media sosial mereka. Frame twibbon mempunyai tempat terbuka yang dipakai untuk tempatkan photo.

Pemakaian Twibbon

Twibbon umumnya dipakai untuk bermacam acara. Misalnya mahasiswa baru saat periode tujuan universitas, ketika berada acara kampus seperti dies natalis dan yang lain. Bukan hanya mahasiswa, pemakai sosial media biasa memakainya saat perayaan hari besar seperti twibbon hari maulid nabi, hari kemerdekaan atau HUT RI dan yang lain.

Untuk pemakai PC atau netbook, twibbon dapat dibikin memakai bermacam program ubah photo PC seperti Photoshop, corel draw dan semacamnya. Tetapi untuk memakainya pasti kita harus mengusai dalam gambar koreksi. Walau sebenarnya tidak seluruhnya orang yang ingin buat twibbon mengusai dalam sektor gambar koreksi. Karena itu pada panduan ini saya akan sharing langkah membuat twibbon secara gampang cukup dengan memakai HP tanpa Photoshop.

Untuk bikin twibbon di HP Android atau iPhone dapat memakai program PicsArt dan Canva. Ke-2 program itu mempunyai beberapa komponen yang lumayan komplet dan gampang dipakai dalam membuat twibbon. Kita perlu menambah dan membuat elemen gambar itu sampai tercipta twibbon bagus. Bagaimana triknya? Kita awali dari program picsart.

Panduan ini mengulas mengenai beberapa langkah membuat twibbon sendiri dari 0 (awal), tidak cuma masukkan photo ke frame. Bila anda telah mempunyai frame dan perlu masukkan photo ke twibbon silakan baca panduan mengenai menambah photo di twibbon.

Baca Juga :   Beberapa Sub Machine Gun FF (SMG) Terbaik 2021

Membuat Twibbon di Picsart

Program PicsArt mempunyai beberapa pilihan sticker yang dapat dipakai untuk memudahkan dan percantik twibbon dengan benar-benar gampang. Di situ kita dapat cari sticker itu berdasar keyword seperti keperluan misalkan saat membuat twibbon hari maulid Nabi karena itu kita dapat cari dalam kata mushola dan yang lain.

Tentu saja feature dasar yang diberi PicsArt juga komplet dimulai dari masukkan gambar, membuat text, membuat bermacam-macam shape dan membuat twibbon terbuka. Semua feature dasar itu dapat kita pakai dengan gratis dan tanpa watermark.

Berikut ialah langkah membuat twibbon di picsart pada HP Android atau iPhone.

  • Membuka PicsArt di HP Android atau iPhone.
  • Tap pada tombol plus pada bagian tengah bawah monitor.
  • Scroll ke bawah lalu di bagian Drawings tap Pick Canvas. Karena itu bakal ada opsi ukuran kanvas yang dapat dipakai.
  • Tentukan 1:1 supaya untuk bikin twibbon berbentuk persegi atau kotak. Wujud persegi benar-benar pas untuk profil picture kesemua sosial media. Lantas tap tanda panah kanan pada sudut atas kanan. Karena itu bakal tampil kanvas kosong warna putih

.
Pilihan ukuran kanvas di picsart

  1. Tap tombol layer di pojok kanan bawah. Maka akan tampil 2 layer awal, layer pertama adalah transparan lalu yang kedua adalah warna putih. Pindahkan layer transparan ke paling bawah dengan cara tap pada layer transparan (layer pertama) lalu tahan, kemudian geser ke bawah. Sehingga urutan layer berubah, paling bawah adalah layer transparan.
  2. Tap pada layer warna putih. Lalu tap pada tombol ganti warna yang berada di kanan bawah. Di sini kita akan menentukan warna background twibbon.
  3. Pilih warna background sesuai keinginan. Misalnya pada tutorial ini saya menggunakan warna biru. Lalu tap pada tanda centang di kanan atas. Lalu tap pada tombol layer untuk menutup pengaturan layer.
    Pengaturan warna background di picsart
  4. Kemudian tap pada tombol penghapus lalu tap tombol shape di menu bawah. Tahap ini kita akan membuat area transparan pada background.
  5. Pilih bentuk sesuai keinginan. Lalu pilih Fill kemudian tap OK. Pada contoh ini saya ingin area transparan untuk foto berbentuk lingkaran.
  6. Buat lingkaran yang telah dipilih pada area kanvas dengan cara tap pada kanvas, tahan lalu geser hingga membentuk lingkaran. Atur hingga posisi sesuai dengan yang dinginkan. Lingkarang tersebut akan digunakan untuk menempatkan foto nantinya.
  7. Tap pada tombol layer lalu buat layer dengan cara tap tombol plus di kanan atas menu. Kemudian pilih Empty Layer. Layer baru akan digunakan untuk menempatkan berbagai sticker untuk mempercantik twibbon.
    Fitur menghapus area menjadi transparan
  8. Kemudian tap tombol tambah gambar di sebelah tombol layer. Lalu pilih Sticker. Maka akan tampil banyak sticker dan tombol pencariannya.
  9. Tap tombol pencarian di pojok kanan atas lalu cari sticker sesuai kebutuhan. Misalnya ingin mencari frame untuk lingkaran foto maka ketikkan circle frame lalu tekan tombol pencarian.
  10. Pilih frame sesuai keinginan. Maka frame akan tampil di kanvas. Atur tepat di atas lingkaran transparan.
    Opsi frame lingkaran untuk foto twibbon picsart
  11. Tambahkan layer baru seperti langkah nomor 11. Lalu letakkan layer tersebut di bawah layer circle frame dengan cara menggesernya ke layer kedua. Layer ini digunakan untuk tempat sticker lain agar berada di bawah frame lingkaran dan tidak menggangu foto.
  12. Tambahkan sticker lain dengan cara seperti langkah nomor 12,13 dan 14. Misalnya sticker dengan kata kunci overlays. Untuk sticker yang berada di pojok bisa menggunakan kata kunci corner design.
    Sticker pada picsart
  13. Setelah tampilan sudah menarik selanjutnya kita bisa menambahkan logo dari perusahaan, universitas atau penyelenggara acara. Caranya adalah dengan tap tombol tambah gambar lalu pilih Photo. Cari foto logo anda lalu tap untuk memasukkan ke kanvas.
  14. Kemudian tambahkan juga shape bentuk persegi panjang untuk background teks nantinya. Caranya adalah dengan tap tombol brush lalu tap tombol tambah shape. Pilih bentuk shape lalu pilih Fill kemudian tap OK. Terapkan bentuk tersebut ke kanvas.
    Background teks pada picsart
  15. Setelah selesai selanjutnya tap tombol panah kanan di pojok kanan atas. Lalu tap Edit Image.
  16. Tambahkan teks sesuai kebutuhan dengan tap pada Text lalu letakkan pada posisi yang di inginkan.
  17. Lalu untuk menyimpan hasil twibbon tap tombol unduh di bagian atas.
Pengaturan teks di picsart

Sekarang kita sudah memiliki twibbon dengan format gambar PNG. Silahkan lihat hasil twibbon di galeri anda pada folder Internal Storage > Pictures > PicsArt. Selanjutnya kita dapat memasukkan foto ke twibbon tersebut dengan aplikasi PicsArt juga. Saya sudah membahasnya di artikel yang berjudul cara memasukkan gambar ke twibbon.

Baca Juga :   5 Fitur Terbaru Whatsapp di 2021 Yang Sangat Berguna

Dengan PicsArt kita bisa berkreasi sesuai keinginan. Misalnya jika tidak ingin background polos maka kita bisa menggunakan background yang ada di Sticker PicsArt. Dengan background sticker kita juga bisa menyesuaikan dengan acara misalnya acara Maulid Nabi maka gunakan background masjid. Cari dengan kata kunci mosque maka akan tampil banyak gambar dan background masjid. Kita hanya perlu menyesuaikan langkah nomor 6 dan 7 untuk mengganti background dari twibbon di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *