Intel’s Next-Gen 7nm Meteor Lake CPUs Dikonfirmasi Untuk Diluncurkan Pada 2023

Intel telah secara resmi mengkonfirmasi next-gen 7nm Meteor Lake Client CPUs yang akan menuju ke platform desktop dan mobility pada tahun 2023. Intel mengumumkan bahwa Meteor Lake akan menjadi yang pertama dari 7nm EUV node sendiri dalam volume yang akan menandai peningkatan yang sangat besar. Sebuah milestone bagi perusahaan.

Jajaran Intel Meteor Lake sekarang dikonfirmasi untuk menampilkan x86 architecture baru yang akan menggunakan desain modular. Intel akan menggabungkan berbagai core yang berbeda bersama-sama, mirip dengan pendekatan hybrid mereka pada CPU Alder Lake mendatang yang akan menampilkan 10nm Golden Cove dan 10nm Gracemont cores.


Jajaran CPU desktop dan mobility Intel Meteor Lake diperkirakan didasarkan pada lini baru Cove core architecture. Ini dikabarkan dikenal sebagai ‘Redwood Cove’ seperti yang dilaporkan oleh MLID (Moore’s Law is Dead) dan akan didasarkan pada 7nm EUV process node. Dinyatakan bahwa Redwood Cove dirancang dari bawah ke atas menjadi agnostic node yang berarti dapat dibuat pada fabs yang berbeda. Ada referensi yang menyebutkan bahwa TSMC adalah cadangan atau bahkan supplier parsial untuk chip berbasis Redwood Cove. Ini mungkin memberi tahu kita mengapa Intel menyatakan beberapa process manufaktur untuk CPU family.

CPU Meteor Lake mungkin merupakan generasi CPU pertama dari Intel yang berpisah dengan ring bus interconnect architecture. Ada juga rumor bahwa Meteor Lake bisa menjadi fully 3D-Stacked design dan dapat menggunakan I/O die yang bersumber dari external fab (TSMC terlihat lagi). Disorot bahwa Intel akan secara resmi menggunakan Foveros Packaging Technology pada CPU untuk menghubungkan berbagai dies pada chip (XPU).

Baca Juga :   NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti 12 GB Dirumorkan Akan Diluncurkan pada April

Adapun apa yang akan ditawarkan Meteor Lake family Intel, mereka diperkirakan untuk menampilkan dukungan pada LGA 1700 socket yang merupakan socket yang sama yang digunakan oleh processor Alder Lake. Kita dapat mengharapkan memori DDR5 dan dukungan PCIe Gen 5.0. Platform ini akan mendukung memori DDR5 dan DDR4 dengan mainstream dan budget tier options untuk DIMM memori DDR4 sementara penawaran premium & kelas atas berlaku untuk DDR5 DIMMs.

Baca Juga :   Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan Flashdisk

Dukungan NVMe juga diperkirakan terbatas pada PCIe Gen 4 daripada PCIe Gen 5 yang akan didukung platform. Jadi pada akhirnya, kita mungkin melihat berbagai chipset dan platform dibatasi hanya untuk processor generasi mereka sendiri yang mereka perkenalkan. Peluncurannya masih beberapa tahun lagi sehingga mitra Intel akan memiliki cukup waktu untuk memilah dan mengerjakan support untuk generasi mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *