Bahasa Pemrograman yang Mudah Dipelajari Untuk Pemula

Bahasa Pemrograman berbeda dengan bahasa yang selama ini digunakan dalam aktivitas maupun kegiatan sehari – hari. Mempelajari bahasa pemrograman harus dimulai dari dasar, yaitu dengan mengenal HTML atau Hyper Text Markup Language . Bagi para programmer pemula, ada beberapa bahasa pemrogaman yang bisa menjadi pilihan.

Beberapa bahasa pemrograman yang sering dijumpai adalah berbasis script HTML. Berikut adalah beberapa bahasa pemrograman yang mudah dan bisa digunakan para programmer pemula, diantaranya adalah.

Java Script

Bagi anda programer pemula, bahasa pemrograman yang mudah Java Script bisa menjadi pilihan, karena penggunaannya cukup mudah dan sudah banyak digunakan di berbagai website yang tersedia di portal online. Java Script juga termasuk salah satu bahasa pemrograman yang memiliki kecepatan mumpuni dan respons yang baik antar muka.

Baca Juga :   Pengertian access Control Dalam Keamanan Jaringan

Penulisan cooding pada Javascript berbasis HTML. Setidaknya ada beberapa penulisan cooding berbasis HTML yang digunakan pada Javascript.

  • URL

Meskipun penggunaannya sangat jarang dilakukan, Namun, bagi programmer pemula juga harus mengetahui cara penulisan kode scriptnya.

Baca Juga :   Source code sistem pakar berbasis web dengan metode forward chaining

Misalnya : Ketikan kode pada browser URL, javascript:alert(“Bahasa Pemrograman Javascript”).

  • Tag ( Script )

Cara yang sering kali dan umum digunakan adalah dengan menulis kode script dalam tag <script>. Tag <script> tersebut dibuat dalam tag <head>, maupun tag <body>.

Java

Meskipun memiliki nama yang hampir sama, bahasa pemrograman Java sangat berbeda dengan bahasa pemrograman Java Script. Bahasa pemrograman yang berbasis pada orientasi objek industri ini merupakan bahasa pemrograman yang digunakan hampir di semua platform.

  • Method Main
Baca Juga :   Penyebab Rusaknya Hard Disk Pada Komputer dan Laptop

Dalam bahasa pemrograman Java, Method main merupakan program yang pertama kali dijalankan. Method main harus dibuat terlebih dahulu, apabila ingin menjalankan sebuah program.

Contoh Method main :

public static void main(String args[]){

System.out.println(“Hallo Dunia, Apa Kabar”);

}

Python

Python juga termasuk salah satu bahasa pemrograman yang mudah di pelajari para programmer pemula atau untuk mereka yang masih awam dengan dunia cooding. Bahasa pemrograman ini, bisa digunakan pada dua versi, desktop dan aplikasi berbasis web. Dalam pemakainnya bahasa pemrograman python tidak terlalu banyak mengguanakan cooding, sehingga mudah untuk pemula.

Baca Juga :   Cara Edit Video Menggunakan Capcut di Smartphone

Selain itu, bahasa pemrograman yang sudah disertai functional programming ini  juga memuat penulisan dalam bahasa scripting. Yang akan memudahkan para programmer untuk menulis lebih dari satu kode dalam waktu yang relatif sangat singkat..

Bagi para programmer pemula, mempelajari serta menggunakan beberapa bahasa pemrograman yang mudah digunakan merupakan langkah awal untuk menjadi seorang programmer professional.

Dalam penggunaannya, kode script yang digunakan dalam bahasa pemrograman seperti Java Script, Pyhton, dan Java tidak mengandung banyak kode, serta program – program yang dijalankan sangat mudah dan hampir semua platform telah menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *