Pengertian Brand Awareness Dan Cara Meningkatkannya

Apakah yang dimaksud Brand awareness ialah kekuatan calon konsumen atau customer untuk mengenal atau ingat sebuah merk. Dalam masalah ini tentu saja bisa meliputi nama, gambar/simbol dan jargon tertentu yang digunakan beberapa aktor pasar untuk mempromokan produknya-produknya.

Peranan Brand Awareness

Peranan brand awareness dalam membantu brand dapat dimengerti dengan menganalisa bagaimana brand awareness dapat membuat satu nilai. Brand awareness (kesadaran merk) jadi sumber perkumpulan lain, akrab atau rasa senang, loyalitas, memutuskan merk.

Keterangan dari ke-4 nilai itu sebagai berikut ini:

Brand awareness jadi sumber asoasiasi lain

Satu brand yang kesadarannya tinggi akan membantu federasi- federasi menempel pada brand itu karena kemampuan jelajahi brand itu bisa menjadi tinggi sekali dalam pikiran customer. Keadaan sekarang ini menunjukkan jika satu brand yang awareness-nya tinggi sanggup memunculkan federasi positif untuk produk yang lain.

Baca Juga :   Apa Itu Dedicated Server ?

Familiar atau rasa suka

Jika brand awareness Anda tinggi, customer akan dekat dengan brand Anda, dan makin lama akan memunculkan rasa senang yang tinggi ke brand Anda. Misalnya Customer terlatih dengan Kecap Bango, produk dari Unilever. Karena telah terlatih konsumsi Kecap Bango karena itu memunculkan kesesuaian dan rasa senang pada brand itu, yang dapat menggerakkan keputusan pembelian.

Menimbang brand

Cara pertama kali dalam satu proses pembelian adalah memisah merek-merek yang dikenali pada suatu kelompok untuk ditetapkan brand yang mana akan dibeli. Brand dengan hebat of mind tinggi memiliki nilai alasan yang tinggi. Jika satu brand tidak disimpan dalam memory, brand itu tidak diperhitungkan dalam keputusan pembelian.

Baca Juga :   Cara Membuat Link WA di Bitly

Intisari atau loyalitas

Brand awareness dapat mengisyaratkan kehadiran, loyalitas, dan pokok yang penting untuk satu perusahaan. Karena sebuah brand dengan brand awareness tinggi umumnya disebabkan karena faktor-faktor, yakni:

  • Diiklankan secara luas, hingga dikenali secara luas oleh warga.
  • Keberadaan yang telah terbukti oleh waktu
  • Capaian distribusi yang luas, hingga memudahkan customer untuk memperoleh produk itu.
  • Brand itu diatur secara baik.

Tingkatan Brand Awareness

Brand awareness memiliki tingkatan-tingkatan dari jenjang yang terendah (tidak mengetahui brand) sampai jenjang yang tertinggi yakni Hebat of Mind, yang dapat dilukiskan dalam sebuah piramida. Piramida brand awareness dari paling tinggi sampai tingkat paling rendah sebagai berikut ini:

Top of Mind (pucuk pemikiran) adalah brand yang dikisahkan pertama kalinya oleh customer atau yang pertama kalinya tampil dalam pikiran customer, atau brand itu yakni brand khusus dari berbagai brand yang ada pada pikiran customer.
Brand Recall (pengingatan kembali brand) ialah pengingatan kembali brand tanpa kontribusi (unaided recall).
Brand Recognition (pengenalan brand) adalah tingkat minimum brand awareness, di mana pengenalan satu brand tampil kembali setelah dikerjakan pengingatan kembali lewat kontribusi (aided recall).
Unware of Brand (tidak mengetahui brand) adalah tingkat terendah dalam piramida brand awareness di mana customer tidak mengetahui ada satu brand.

Baca Juga :   Cara Membuat Link WA di Bitly

7 Langkah Membuat Brand Awareness Usaha Anda

  • Social Media
  • Konten Pemasaran
  • Video Pemasaran
  • Influencer Pemasaran
  • Moment Pemasaran
  • Sponsorship
  • Merchandise

Bagaimana Langkah Memandang Brand Awareness?

Survey

Survey adalah salah satunya langkah yang kerap digunakan untuk menghitung brand awareness.

Saksikan analytics web anda

Dari analytics web, Anda bisa memperhatikan adakah kenaikan atau pengurangan brand awareness.

Social Media

Bukan hanya untuk promo, Anda bisa memakai media sosial untuk menghitung brand awareness Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *